Senin, 15 Desember 2014

BATU PENJURU ( Kegiatan PIA dan PIR pada masa Adven 2014 )

Kegiatan dalam masa Adven di Gereja Katolik Santo Mikael Demak juga dilaksanakan untuk tingkatan PIA dan PIR. Kegiatan ini langsung di dampingi oleh Ketua Bidang Pewartaan ( Ibu Valentina Hermin Purwanti ) dan beberapa anggota team kerjanya. Kegiatan ini terpaksa baru dilaksanakan pada hari Minggu 14 Desember 2014, karena harus menyesuaikan dengan jadwal kegiatan anak-anak yang sedang melaksanakan ujian akhir semester..
Dengan penuh antusias kegiatan ini diikuti oleh anak-anak mulai dari usia PAUD sampai dengan usia siswa SMP klas III. Hal ini dilaksanakan untuk tetap menjalin keakraban antar peserta. Dengan metode yang sangat menyenangkan dan sesuai dengan pola pikir peserta, maka kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancer, sehingga kita berharap ada kemauan anak-anak untuk selalu berkumpul dalam sebuah kelompok di gereja yang dianggapnya sesuai dengan alam pikirnya. Kegiatan ini diisi dengan materi dasar tentang keimanan, dan pengetahuan-pengetahuan akan iman Katolik dengan metode yang sangat sederhana namun mengena sehingga  mampu dicerna oleh daya pikir anak-anak.

Kegiatan dimulai dari usia dini ini dikandung maksud untuk membina iman iman anak secara berkelanjutan. Karena merupakan salah satu bentuk pelaksanaan   Formatio iman  berjenjang. Karena tidak mungkin dilaksanakan dalam waktu yang singkat / istant, semua perlu waktu dan perlu proses. Dengan demikian maka dikemudian hari para calon penerus ini memiliki iman Katolik yang cerdas, tangguh dan missioner. Formatio iman berjenjang ini sudah mulai digalakkan pada tahun 2014 ini, karena melihat keprihatinan yang terjadi , yang menjadi bentuk keprihatinan di KAS.

Dengan segala kemampuan dan potensi yang ada di Gereja Katolik Santo Mikael Demak, berusaha untuk menanggapi bentuk keprihatinan dan program tersebut diatas. Sangatlah di harapkan menjadi orang Katolik yang memiliki iman yang cerdas, tangguh dan missioner. Sehingga kita mampu menjadi garam, ragi dan terang di masyarakat luas pada kehidupan sehari-hari, karena Iman dan Moral kita sudah diasah dalam berbagai kondisi yang ada seperti saat ini.  Menjadi keluarga yang harmonis, hubungan antar keluarga yang baik, baik orang tua terhadap anak demikian juga anak kepada orang tua. Maka akan tercermin sinar kasih dalam keluarga tersebut, sehingga hubungan antar anggota masyarakat juga turut aktif dan diharapkan dapat memberikan rasa dalam hubungan bermasyarakat, meskipun dalam masyarakat kita sedikit kita harus berusaha dengan bimbingan Roh Kudus mampu menjadi batu penjuru. Bentuk keteladanan dalam keluarga katolik yang menjadi titik tolak dalam kegiatan bermasyarakat.

Salam dan Berkah Dalem,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar