Kamis, 22 Januari 2015

RESOLUSI

resolusi
Saat kita memulai hari ini,  mari kita menyadari bahwa hanya kebaikan Tuhan yang bisa melimpahkan kemurahan-Nya , sehingga kita bisa mencapai kemaksimalan dalam hidup. Tanpa-Nya apapun tidak  akan pernah tercapai..
Bacaan Yeremia 29:11

“ Bukankah Aku sendiri tahu rencana-rencana itu bukan untuk mencelakakan kamu, tetapi untuk kesejahteraanmu dan untuk memberikan kepadamu masa depan yang penuh harapan “.  

Dalam  kamusbahasaindonesia.org  : resolusi berarti  : putusan atau kebulatan pendapat  berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan  oleh rapat ( musyawarah, sidang ). Namun secara umum dalam kebiasaan sehari-hari adalah dapat diartikan : apa yang hendak dicapai/ ditargetkan dalam kurun waktu tertentu, sebuah cita-cita yang akan dicapai. Dengan kata lain bahwa resolusi adalah sebuah semangat untuk bertindak sesuatu yang mendasar dalam kehidupan kita, yang pengaruhnya sangat besar  dalam kehidupan kita sepanjang tahun yang akan kita jalani. Dan jika resolusi ini berhasil, maka satu langkah besar dalam kehidupan untuk sampai kepada cita-cita dan tujuan hidup.

Sebagai ilustrasi yang   muncul adalah sebagai berikut : apa resolusi pada tahun 2015 ? hal ini menunjukkan bahwa apa yang hendak dicapai atau target yang dapat terlaksana di tahun 2015. jadi semacam target tahunan yang hendak dicapai. Dalam hal ini sudah tentu pasti target yang bersifat istimewa atau yang sangat berarti bagi seseorang untuk tercapai pada tahun 2015 ini. Dari ilustrasi tersebut kita sebagai manusia merencanakan sesuatu, namun untuk terlaksana adalah kuasa Tuhan. Kita patut berharap terhadap apa yang hendak dicapai namun sebuah pengharapan ini selalu tergantung pada Tuhan. Dengan demikian haruslah setiap saat kita selalu membangun  relasi dengan Tuhan, untuk lebih semua didasarkan pada kemurahan-Nya. Karena kita yakini apa yang diberikan-Nya bukan bergantung pada apa yang telah kita wujudkan dan lakukan kepada Tuhan, namun atas kerahiman-Nya itu terlaksana.

Di dalam Kristus , Allah telah  mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam surga. Kemurahan hati-Nya bagi kita telah ada bahkan sebelum kita ada.  Karena Allah telah memilih kita sebelum kita lahir, bahkan sebelum dunia ini dijadikan-Nya. Maka kita akan semakin takjub ketika menyadari  bahwa Allah menetapkan pilihan itu dalam segala hikmat dan pengertian. Dia telah mengenal kita sejak semula lengkap dengan segala dosa, pelanggaran, dan kebobrokan-kebobrokan kita lakukan., namun Dia memilih untuk menentukan  kita melalui Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak_nya . Potensi kita menyalahgunakan kemurahan-Nya tidak membatalkan ketetapan-Nya. Dengan demikian maka hendaknya kita selalu taat dan patuh akan rencana-Nya.

Seringkali kita hanya berpusat pada diri sendiri, apa yang menjadi keinginan kita, apa yang menjadi rencana kita, dan itulah yang menjadi target dan pencapaian hidup. Namun saat kita dilahirkan kembali , kita adalah ciptaan baru, diri kita bukanlah milik kita sendirilagi, melainkan milik Kristus yang telah mati dan membayar lunas hidup kita dari dosa, yang kemudian bangkit dan duduk disebelah kanan tahta Allah untuk memerintah hidup kita. Yang semua itu kita yakini dengan ya dan amin.

Sanggupkah kita untuk selalu hidup selalu taat dan patuh pada rencana-Nya  untuk dapat lebih meningkatkan keimanan kita sebagai umat Allah, yang selanjutnya kita mampu menjadi terangbagi sesama. Semoga kita selalu dimampukan-Nya.  Tuhan memberkati.


Salam dan Berkah Dalem,
[dari : berbagai sumber ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar