Minggu, 09 November 2014

Pesta Pemberkatan Gereja BASILIKA LATERAN

Pesta Pemberkatan Gereja Basilika Lateran yakni Gereja Pust Keuskupan Roma, gerejanya Paus sebagai Uskup Roma, mengajak kita untuk memaknai gereja sebagai gedung di satu pihak dan gereja sebagai kumpulan umat beriman. Sebagai gedung, gereja perlu dibangun, ditata dan dipelihara agar tetap menjadi tempat orang beriman berjumpa secara sakramental dengan Tuhannya lewat berbagai ibadah dan Ekaristi. Di gereja, umat mendapatkan makanan rohani yang menghidupkan. 
Gereja menjadi tempat bertemu sesama umat beriman untuk berbagi suka dan duka dalam menghayati dan menghidupi imannya, dan dari pertemuan ini umat saling menguatkan dan meneguhkan.


Namun, lebih dari itu, kita perlu menata dan memelihara diri kita, keluarga kita dan persekutuan kita sebagai umat beriman. Kita adalah Gereja, bait Allah yang hidup. Allah bersemayam dalam diri kita, seperti Ia bersemayam dalam gereja. Karena itu, tubuh kita dan Gereja sebagai Tubuh Mistik Yesus, perlu dijaga dan dipelihara agar dapat menampilkan kemuliaan Allah yang bersemayam di dalamnya; diperkaya dan diberdayakan agar menjadi sumber kehidupan bagi banyak orang.

Ya, Allah, mampukanlah aku untuk menjaga kesucian tempat kediaman-Mu, baik itu kapela, ruang doa, gereja maupun - terutama - tubuhku ini, sehingga aku menjadi anggota Tubuh Mistik Putra-Mu yang mampu menghidupkan dan menyelamatkan. Amin ..

( sumber Ziarah Batin 2014)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar