Senin, 10 November 2014

TERPILIH-KAH ?

Ya Bapa ,
 Seringkali kami tidak bersyukur dengan segala yang terjadi dalam hidup kami. Bimbinglah kami agar semakin hari kami makin disadarkan bahwa sebagai hamba-Mu kami harus terus bersyukur dalam segala keadaan

Dari  doa diatas kita menyadari bahwa  sebagai anak  Allah seringkali tidak merasa bahwa sedang dipersiapkan Tuhan untuk tujuan yang  besar, karena kurang peka terhadap apa yang sedang dihadapi.

Apakah  kita merasa sebagai orang pilihan Allah ? Siapakah yang dimaksudkan dengan orang-orang pilihan Allah ? jawabannya adalah “ semua orang “ . Terbukti Allah Bapa telah mengutus Putera-Nya Yang Tunggal turun ke dunia untuk menebus dosa.  Semua  orang diberi kesempatan untuk diampuni, dipulihkan secara rohani dan diberi hidup yang baru. Maka sekarang  wajib menjawab dan menanggapi segala firman-Nya secara kidmat, yang harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, bahwa kita semua  sebagai orang pilihan Allah.
Salah satu tanda bahwa kita adalah orang pilihan Allah yang istimewa adalah iblis selalu berusaha menggempur kita dengan beraneka macam masalah dan persoalan. Tetapi hendaknya kita tidak boleh terbalik dalam pola berpikir, dengan mengalami banyak permasalahan , kita tidak mempunyai kesempatan seperti yang dimiliki orang lain.
Kehidupan baru yang kita peroleh adalah dengan kita meninggalkan kehidupan lama selalu mengejar harta duniawi, namun kita diperintahkan untuk meninggalkannya sehingga kita memasuki kehidupan baru yang sesuai dengan yang sudah diperintahkan-Nya. Berat memang melaksanakan dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari , namun demikian kita mengimani bahwa kita sebagai orang pilihan Allah tetap harus melaksanakannya. Karena kita telah ditentukan-Nya untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya.
Keinginan setiap orang untuk hidup penuh dengan berkat, keluarga yang bahagia, pekerjaan sukses, studi berhasil. Tetapi apakah kita menyadari dan memikirkan perkara-perkara yang ada di dalamnya ? Karena dengan demikian kita diajak untuk melatih kehidupan rohani kita yang selanjutnya kita diajak untuk memperbesar  kasih kita, memperbesar  kesabaran kita,  pengampunan kita, yang selanjutnya semua ini membuat kita semakin  sukses dan berhasil dalam setiap aspek kehidupan kita.

Bacaan : Ulangan 8 : 11
“ Hati-hatilah, supaya jangan engkau melupakan Tuhan, Allahmu, dengan tidak berpegang pada perintah-Nya, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini “.

Dari   kutipan Firman diatas ,  kita harus selalu berpegang tegung dan melaksanakan segala perintah-Nya. Hal demikian agar bisa tercapai rencana Tuhan yang besar bahwa kita bisa serupa dengan Anak-Nya. Ini pula yang selalu menjadi pegangan disaat kita menghadapi kesukaran hidup. Bahkan kita seringkali menyerah dan bahkan mundur jika  menghadapi berbagai kesukaran hidup. Tetapi sekarang harus berani bangkit dan meninggalkan hidup lama kita dengan merubah pola pikir . Bahwa setiap menghadapi masalah,  hendaknya harus bangkit dan tidak terus bergumul dengan permasalahan yang ada, namun  harus berani mengambil keputusan untuk memilih dan menentukan jalan keluar yang lebih kreatif dengan berpegang pada firman Tuhan. Dengan melatih kepekaan untuk menghadapi setiap permasalahan , sehingga langkah-langkah kreatif dapat kita wujudkan. Yang terpenting dan harus disadari bahwa kesempatan menjadi lebih baik tidak  hanya bisa didapatkan pada masa baik, tetapi masa sulitpun juga bisa memberi  kesempatan untuk mengasah kepekaan,  yang selanjutnya kita untuk menyikapi dan mengambil keputusan untuk memperoleh jalan keluar yang di rahmati Tuhan.
Semoga kita selalu dimampukan Tuhan dalam segala hal.

Berkah Dalem ……

Tidak ada komentar:

Posting Komentar