Kamis, 12 Februari 2015

IA MERENDAHKAN DIRI

merendahkan diri
Seorang Cina Mandarin mengadakan jamuan besar dan mengundang banyak orang penting. Kebanyakan tamu  tiba dengan kereta kuda yang sangat khusus. Kemudian hujan turun mengguyur dan membentuk kolam lumpur persis di depan pintu masuk ke dalam rumahnya..
Sementara itu datanglah sebuah kereta kuda dan berhenti tepat di tengah genangan kolam lumpur itu. Dan seorang pria tua berpakaian kehormatan mencoba keluar, namun tergelincir di tangga kereta dan tercebur ke dalam genangan lumpur. Ketika ia bangkit dari kolam lumpur itu, ia menyadari bahwa dirinya sudah bermandikan lumpur dan tidak pantas sama sekali untuk masuk ke dalam ruang perjamuan.

Banyak dari antara tamu yang hadir mentertawakan pria tua malang itu. Tetapi seorang pelayan yang melihat kejadian itu bergegas menemui tuannya dan melaporkan kejadian itu kepada tuannya. Tuan pesta itu segera keluar menemui tamu yang malang itu untuk mencegahnya pulang. Ia mencoba membujuk orang itu agar tetap tinggal meskipun dalam keadaannya yang demikian. Tetapi tamu itu takut akan tatapan mata dan pembicaraan para tamu lainnya, maka ia akan segera kabur.

Maka si Mandarin yang berpakaian indah itu membenamkan dirinya ke dalam kolam lumpur yang sama. Ia juga berlumpur dari kaki hingga kepala. Kemudian ia menggandeng lengan tamunya dan mereka berdua dalam keadaan penuh lumpur masuk  ke ruang perjamuan dan tidak ada seorangpun berani berkata-kata.

WIED
[ Dari : 1500 Cerita Bermakna ]

1 komentar:

  1. Ya Tuhan..ijinkan kami untuk selalu bisa melihat dengan mata hati kami..segala kejadian dan pelajaran hidup disekitar kami...
    matur nuwun mas admin....

    BalasHapus