Kamis, 19 Maret 2015

SENI BERLOGIKA

seni berlogika
Apakah logika berjalan seiring dengan iman atau menentang iman ? Iman jelas melampaui logika  selama iman melampaui akal budi manusia, namun logika tidak bertentangan dengan iman. Logika dapat membantu iman dalam tiga hal : ..
Memperjelas dan mendefinisikan artikel iman.
  1. Membantu mengaplikasikan kepercayaan kedalam situasi-situasi tertentu,
  2. Memberikan bukti yang jelas ( lebih kuat daripada sekedar perasaan, intuisi, mood, atau coba-coba mengenai iman , walaupun tidak semua artikel iman dapat dibuktikan dengan logika.
Logika dapat membantu kita menjadi bijaksana . tanpa logika, seseorang tidak dapat menjadi bijak, walaupun logika saja tidak cukup membuat orang menjadi bijak. Namun demkian logika juga memilikiimplikasi social politik. Bangsa yang tidak menerapkan prinsip logika klasik yang benar, akan dapat mempunyai resiko bahwa rakyatnya akan mudah diombang-ambingkan oleh isu-isu yang bahkan tidak masuk akal. Hal ini terjadi karena rakyat tidak dilatih untuk memilih hal-hal yang baik dan buruk, sehingga sulit untuk memisahkan hal-hal yang benar dan salah. Padahal rakyat yang berdaulat seharusnya memiliki kemampuan untuk memisahkan kebenaran dari kesalahan  dengan jelas dan penuh keyakinan. Karena tanpa peran logika bagi suatu bangsa, maka akan banyak keputusan hanya dibuat berdasar opini, atau bahkan perasaan. Sebab logika diperlukan untuk menyadari keterbatasan  dari logika itu sendiri. Sehingga dapat membedakan apa yang bisa ia mengerti dan apa yang tidak bisa ia mengerti sehingga akan memperkaya pengalaman dalam kehidupan sehari-hari dimasyarakat yang sangat heterogen. Dengan demikian maka akan lebih bijaksanan dalam mengambil keputusan dalam bertindak.

Banyak orang melihat dua hal yang berbeda itu serupa, dan dua hal yang serupa itu berbeda. Hal ini menunjukkan logika memiliki manfaat menyadari kontradiksi. Kebingungan mengenai kontradiksi antara dua hal  atau lebih menyebabkan seorang tidak dapat membedakan arti dari, kebenaran dan kesalahan serta alasannya. Namun logika saja tidak cukup untuk menemukan kebenaran, namun logika sangat membantu kita mencari kebenaran, dan tujuan dari logika adalah kebenaran, bukan yang lain.

Kita mencapai kebahagiaan  juga dibantu dengan logika, hal ini dapat kita rinci sebagai berikut :
  1. Ketika kita mendapatkan apa yang kita inginkan, kita akan bahagia.
  2. Apapun yang kita inginkan, baik surga ataupun makanan, kita akan lebih mungkin mendapatkannya bila kita berpikir dengan lebih jelas.
  3. Untuk berpikir dengan lebih jelas perlu prinsip logika.
  4. Maka, logika membantu kita mendapatkan kebahagiaan.

Dengan berpikir secara teratur , kita akan memiliki kejelasan dalam mencari kebenaran, berbicara, ataupun menulis. Pengaruh yang diberikan orang yang berlogika dengan baik , logika mencari kebenaran  dan pada akhirnya menuju dan terarah ke Sang Kebenaran.

Salam dan Berkah Dalem
[ Sumber : www.katolisitas.org ]
                                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar